Pengenalan Kriptografi

KRIPTOGRAPHY

1. Definisi

Pengetahuan teknologi informasi dan komputerisasi begitu berkembang pesat saat ini. Seiring dengan perkembangan tersebut, maka memungkinkan dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk para cracker dan penjahat lainnya dapat akses keberbagai computer yang diinginkannya. Oleh karenanya kebutuhan akan keamanan kerahasiaan data atau informasi menjadi meningkat pula. Ini semua diperlukan untuk menghindari kejahatan terhadap komputer yang timbul sebagai akibat dari kemajuan teknologi tersebut.
Untuk menghindari terjadinya kejahatan terhadap komputer, maka diperlukan suatu keamanan yang baik, sehingga data yang terdapat pada komputer menjadi lebih aman. Salah satu cara yang paling baik adalah dengan menggunakan kriptography.
Kriptography berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari dua suku kata yakni kripto dan graphia.Kripto artinya menyembunyikan, graphia artinya tulisan.Kriptography adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan dan keabsahan data, integritas data dan autentikasi data atau dapat pula diartikan sebagai ilmu atau seni dalam menjaga keamanan suatu pesan.



2.Jenis-Jenis Kriptography

Kriptography mempunyai tiga jenis kategori utama yaitu:

a. Kriptography Simetrik
       Kripography simetrik menggunakan dua buah kunci yang sama dalam proses enkripsi dan  dekripsi suatu data.Dimana kunci enkripsi tersebut dibuat oleh pihak yang mengirimkan atau membuat data,kemudian kunci tersebut diberikan kepada pihak yang menerima untuk melakukan proses dekripsi.Kelebihan  kriptography simetrik terletak pada kecepatan pemrosesan datanya.



b. Kriptography Asimetrik
    Kriptography asimetrik menggunakan dua buah kunci yang berbeda, satu buah untuk enkripsi dan satu buah untuk dekripsi, dimana kunci untuk enkripsi bersifat terbuka atau publik, sedangkan untuk dekripsi bersifat rahasia atau pribadi. Kunci publik disimpan dan distribusikan oleh pihak yang berwenang yaitu CA (Certified Authorizied), dimana kumpulan dari CA adalah Public Key Infrastruktur. Sedangkan kunci pribadi disimpan tidak disebarkan.
    Kategori kriptography ini mempunyai kelebihan pada jumlah kunci sebanyak kriptography simetrik dan tidak membutuhkan saluran khusus untuk pertukaran kuncinya tetapi memiliki kekurangan pada masalah kecepatan proses kripto data.

c. Kriptography Fungsi HASH ( Satu Arah )
    Fungsi HASH satu arah merupakan yang menyingkat data dan merepresentasikan menjadi bit – bit dengan menggunakan fungsi matematika untuk mengambil input panjang variabel dan mengubahnya kedalam urutan biner dengan panjang yang tetap. Fungsi HASH satu arah dirancang dengan kompleksitas yang tinggi, sehingga apabila terjadi perubahan satu bit saja, maka dapat mengubah nilai dari HASH yang dihasilkan. Untuk HASH yang modern menghasilkan panjang 128 bit atau lebih. Fungsi HASH ini banyak digunakan pada proses digital signitureuntuk data integrity. Salah satu kegunaan Fungsi HASH yaitu untuk MAC (Message Authentication Code) dan HMAC yaitu kode yang dihasilkan oleh fungsi HASH untuk sebuah pesan atau data pada jaringan computer.

3. Model-Model Algoritma Enskripsi
Ada banyak model dan metode enkripsi, di antaranya adalah :
a.Rivest Code 2 (RC2)
b.RC4
c.RC5
d.Blowfish
e.DES
f.AES
g.Twofish

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pengenalan Kriptografi"

Posting Komentar